Kamis, 31 Desember 2009

BAB I
PENDAHULUAN
Fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional yang tersirat dan tersurat di dalam Undang-Undang Sistem
Pendidikan Nasional (UUSPN) Nomor : 20 Tahun 2003 Pasal 3 adalah Mengembangkan Kemampuan dan Membentuk Watak serta Peradaban Bangsa dan Bertujuan Untuk Mengembangkan Potensi Peserta Didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia, Sehat, Berilmu, Cakap, Kreatif, Mandiri, dan menjadi Warga Negara yang Demokratis serta Bertanggung Jawab.
Mengacu kepada tujuan tersebut di atas, Direktorat Pendidikan Dasar berupaya melakukan berbagai usaha peningkatan mutu personil atau peningkatan kualitas sumber daya manusia pengelola pendidikan. Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dasar khususnya di Sekolah Dasar usaha konkrit yang dilaksanakan antara lain mengadakan rintisan Sistim Pembinaan Profesional (SPP) guru,meningkatkan mutu personil tenaga pendidik, serta mutu proses belajar mengajar.
Strategi SPP dijabarkan dalam pelaksanaannya di lapangan dengan membentuk gugus sekolah yang terdiri dari satu sekolah sebagai SD Inti dan SD lainnya sebagai imbasnya. Pada SD Inti dibentuk Pusat Kegiatan Guru (PKG). Di dalam PKG tersebut dilaksanakan kegiatan berupa Kelompok Kerja Guru (KKG), dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) serta Kelompko Kerja Pengawas Sekolah (KKPS). Kelompok ini brerfungsi sebagai wadah peningkatan mutu profesional guru dan tenaga kependidikan lainnya.
Menindaklanjuti strategi SPP tersebut di atas Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Banjarnegara Nomor : 4212/541/2003 tentang Pembentukan Gugus Sekolah, SD Inti dan SD Imbas Kecamatan se-Kabupaten Banjarnegara Tahun 2003, Dinas Pendidikan Kecamatan Sigaluh membentuk gugus sekolah.
Gugus Sekolah Agus Salim meliputi 8 (delapan) SD yakni SD Negeri 1 Gembongan, SD Negeri 1
Prigi, SD Negeri 2 Prigi, SD Negeri 3 Prigi, SD Negeri 1 Sawal, SD Negeri 2 Sawal, SD Negeri 1 Pringamba, dan SD Negeri 2 Pringamba. Walaupun sebenarnya usia Gugus Sekolah itu sudah cukup lama, ibarat sebuah rumah tangga bisa dikatakan sudah mulai mapan, namun kenyataannya bahwa Gugus Agus Salim dalam berbagai hal masih jauh dari harapan, atau kalau boleh kami katakan baru dalam rangka berbenah diri. Namun demikian karena Gugus Agus Salim pada tahun ini dipercaya oleh UPTD Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kecamatan Sigaluh untuk mengikuti Lomba Gugus tingkat distrik mewakili Kecamatan Sigaluh, kami berupaya se maksimal mungkin untuk melaksanakan tugas ini dengan baik, tentunya disesuaikan dengan kemampuan yang ada.
Buku Profil Gugus Sekolah ini mudah-mudahan dapat memberi gambaran dalam bentuk fakta, da
ta maupun kegiatan kepada Tim Penilai Lomba Gugus Sekolah Tingkat Distrik Banjarnegara didalam keselurahan proses penilaian nantinya.
Gembongan, 30 Agustus 2009
Kepala SDN 1 Gembongan/ Ketua Gugus
Sekolah

S U D I O N O
NIP.19610121 198201 1 013

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com